Beranda » Artikel Terbaru » Buat Dekorasi Pelaminan Sesuai Impianmu

Buat Dekorasi Pelaminan Sesuai Impianmu

Diposting pada 14 Agustus 2020 oleh Renal Jaya | Dilihat: 152 kali

Pernikahan merupakan suatu momen dimana semua keluarga berkumpul mendoakan kedua mempelai untuk melanjutkan hidup bersama. Namun, dekorasi pelaminan juga sangat mempengaruhi kesakralannya. Bahkan, tamu yang datang pasti berharap dapat termanjakan oleh suasana meriah dan tidak terlupakan di sana.

Dekorasi Pelaminan yang Disukai Generasi Millenial

Dekorasi Pengantin Terbaru

Dekorasi merupakan salah satu hal terpenting untuk diperhatikan saat merencanakan pernikahan. Suasana tempat sangat berpengaruh dalam mengiringi kesyahduan sakralnya ijab kabul. Namun, sebagai pengantin pasti mengedepankan kesempurnaan prosesi. Berikut beberapa pilihannya:

1. Dekorasi Adat

Dekorasi ini masih sering digunakan karena Indonesia sangat kental akan adat istiadatnya. Apalagi di tahun 2020, pasangan-pasangan millenial kembali menyukai segala sesuatu yang bersifat tradisional.

Dekorasi pengantin dengan konsep tradisional, biasanya menyertakan bentuk-bentuk rumah adat sesuai daerah masing-masing. Kemudian, hiasannya bermotif lambang sukunya seperti, ulos (batak), cicak (sasak), bambu (sunda),  gebyok (jawa) dan lain-lain.

Namun, bunga segar masih menjadi ciri dekorasi adat ini. Sehingga, biasanya pihak dekurator akan mempersiapkannya secepat mungkin untuk mengejar waktu demi menjaga agar tetap memiliki kesan yang alami. Dapatkan dekorasi tersebut di Renal Jaya Furniture.

2. Dekorasi Alam

Biasanya, dekorasi ini dilakukan di luar ruangan, namun tidak sedikit juga yang menempatkannya dalam ruangan. Konsep Alam sangatlah bagus, karena mengajak semua tamu untuk belajar mencitai bumi dengan menggunakan peralatan lebih ramah lingkungan.

Dengan hiasan daur ulang dan menghilangkan penggunaan plastik, tentu membuat dekorasi ini menjadi anti mainstream. Tamu akan termanjakan oleh hal-hal baru yang jarang ditemui di resepsi pernikahan.

Untuk souvenir sendiri, konsep Alam ini juga lain tidak sama dengan resepsi pernikahan biasa. Contohnya, tanaman hidup, notes daur ulang, bibit tanaman, tas yang terbuat dari daun pandan, teh detoks dan masih banyak lagi.

3. Dekorasi Bohemian

Dekorasi ini mengangkat style kehidupan masyarakat suku Indian yang identik dengan tepee (tenda terbuat dari kulit bison), kayu-kayuan dan kain motif khasnya dipadukan dengan warna cokelat, hitam dan putih lebih mendominasi.

Konsep ini tidak menggunakan tanaman fresh, namun kebanyakan memakai bunga-bunga kering. Sehingga, hiasan lampu-lampu menjuntai indah dan menampilkan desain yang menyegarkan mata serta membawa nuansa kehidupan suku Indian nampak nyata.

4. Dekorasi Rustic

Rustic termasuk dekorasi yang masih banyak diminati oleh pasangan pengantin. Style ini mengusung tema pedesaan, menggunakan perabotan kaca bening, tanaman kering dan kayu-kayuan sebagai hiasannya.

Dekorasi ini bisa dibuat indoor ataupun outdoor tergantung selera saja. Perabotan yang sederhana membuatnya mudah dilakukan dimana saja. Bahkan, hiasan juga lebih mudah didapatkan juga dicari di alam (tidak harus membeli).

5. Dekorasi Shabby chic

Dekorasi ini identik dengan motif bunga-bunga berwarna soft pastel (dusty pink, tosca, biru muda, ungu). Untuk hiasan shabby chic, berupa barang-barang bekas seperti jam tua, mobil vw, gelas-gelas seng dan kayu-kayuan.

Selain itu, bunga mawar juga akan mendominasi ruangan dengan dekorasi ini dan menonjolkan kesan romantis. Dekorasi pelaminan shabby chic juga menjadi media mengajak para tamu menikmati nuansa kemesraan yang lembut dan manis.

Dilengkapi dengan kursi berwarna putih dan balutan pita warna soft, menambah kesakralan dan membawa nuansa klasik yang ingin ditampilkan. Dekorasi pelaminan ini cocok untuk penggemar barang-barang antik.

6. Dekorasi Glamor

Dari namanya saja, sudah dapat dipastikan bahwa dekorasi ini menyajikan kesan kemewahan. Lokasi yang dipilih kebanyakan di dalam gedung, luas dan tinggi. Ciri lainnya yakni, dengan hiasan kristal menjuntai ke bawah dan memenuhi langit-langit gedung.

Konsep dari dekorasi ini tidak tanggung-tanggung, mengusung tema King and Queen. Sehingga, nuansa glamor dari dekorasi hingga perabotan identik dengan permata-permata indah. Di sisi lain, warna yang dipilih kebanyakan silver dan gold.

Untuk lebih menampilkan kesan mewah, di setiap meja terdapat vas kristal tinggi diisi dengan bunga-bunga yang cantik.

7. Dekorasi Islami/syar’i

Biasanya, bentuk dekorasinya tidak jauh berbeda dari nuansa timur tengah. Style pelaminan ini identik dengan tirai panjang menjuntai ke bawah. Bagian atas dibentuk melengkung menyerupai kubah masjid dan pilihan warna juga sangat sedikit.

Tips Memilih Dekorasi Pernikahan

Dekorasi Pengantin Serba Putih

 

Pelaminan merupakan pusat perhatian para tamu, ini pasti membuat Anda bingung untuk memilih mana yang sesuai budget dan impian. Jangan panik, beberapa tips di bawah mungkin bisa membantu dalam memilih dekorasinya:

1. Sesuaikan Budget yang Dimiliki

Buatlah pelaminan seindah impian Anda, namun harus disesuaikan dengan budget masing-masing. Jangan terlalu memaksa untuk membuatnya terlalu mewah, karena selain dekorasi katering untuk jamuan para tamu juga harus diperhatikan.

Jika tema yang Anda inginkan memerlukan budget tinggi, cobalah untuk survei secara online atau offline untuk mencari kombinasi terbaik. Kemudian, bicarakan dengan pasangan, agar menemukan solusi terbaik demi pernikahan.

2. Tentukan Tema yang Sesuai

Setiap pasang pengantin, pasti mengharapkan dapat duduk di pelaminan dengan dekorasi impiannya. Di Indonesia sendiri, konsep tradisional masih terus menjadi pilihan. Karena, adat istiadat selalu disisipkan walaupun temanya modern.

Namun kebanyakan, memilih konsep kombinasi untuk mengabulkan impian mereka dan tentunya memuaskan keinginan pihak orang tua juga. Dengan begitu, saat ini sudah jarang ditemui pernikahan yang murni berkonsep tradisional.

3. Memilih Warna Dekorasi

Setelah memikirkan tema apa yang ingin diangkat, pemilihan warna juga bisa disesuaikan. Untuk tahun 2020, kebanyakan menggunakan dekorasi pastel (dusty pink, tosca, biru muda), cokelat, hitam, abu-abu dan putih. Namun tidak sedikit kasus pemilihan warna, sehingga tampak terlalu norak.

Untuk menghindari kesalahan pemilihan warna, hendaknya Anda terus menjalin komunikasi yang intens dengan vendor. Tujuannya menjaga keselarasan antara tema dan dekorasi. Sehingga, diskusikan dahulu semuanya secara detail.

4. Mencari Lokasi yang Tepat

Sebelum memilih tentukan dulu konsep pernikahan, mau indoor atau outdoor. Kemudian, segera survei lokasi yang diharapkan dari jauh-jauh hari. Jika terdapat kendala seperti jadwal kosong gedung/hotel, Anda dapat cepat mencari tempat lain.

5. Mencari Vendor

Carilah jasa dekorasi yang bisa membantu Anda dalam memberikan gambaran pastinya. Agar juga dapat disesuaikan dengan budget. Kemudian, bisa segera membuat planning sesuai lokasi pernikahan. Namun, jangan lupa meminta layoutnya, agar tahu gambaran pelaminan nantinya. Jadi, jika terdapat kendala dapat segera diatasi, karena di setiap rencana terkadang hasilnya di luar ekspektasi.

Kesalahan dalam Memilih Warna Dekorasi

Apa saja kesalahan yang sering terjadi saat pemilihan warna dekorasi? Berikut ulasannya:

1. Terlalu Banyak Memilih Warna

Memilih warna dekorasi jangan melebihi 3 jenis, karena nantinya akan terlihat seperti pesta ulang tahun (pelaminan tampak sangat ramai dan padat). Dengan kata lain, terlalu berani dalam menentukan banyaknya corak, juga berisiko terhadap ketidakselarasan dengan tema pilihan.

2. Keluar dari Tema yang Dipilih

Terkadang, masih ada saja yang suka memaksa warna favorit dipadukan dengan dekorasi tanpa memikirkan kesesuaiannya. Misalkan, tema rustic berwarna hijau muda sedangkan konsepnya lebih ke tanaman dan daun-daunan kering.

3. Kombinasi Pattern yang Terlalu Banyak

Penambahan pattern merupakan cara terbaik untuk menambah variasi dekorasi. Hanya saja jika terlalu banyak motif yang digunakan, akan membuat pusing para tamu, karena nampak aneh. Di samping itu, dilengkapi juga lampu swaroski di beberapa titik untuk menonjolkan kemesraan nan romantis pengantin.

Demikianlah penjelasan beberapa dekorasi pelaminan kekinian yang digemari oleh generasi-generasi millenial. Yuk percayakan persiapan pernikahan Anda kepada toko yang jual furniture Jepara Renal Jaya dijamin tidak ketinggalan zaman dan kualitasnya tetap terbaik.

Bagikan informasi tentang Buat Dekorasi Pelaminan Sesuai Impianmu kepada teman atau kerabat Anda.

Buat Dekorasi Pelaminan Sesuai Impianmu | Renal Jaya

Belum ada komentar untuk Buat Dekorasi Pelaminan Sesuai Impianmu

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Corak dan Keunggulan Meja Makan Jati Minimalis Terbaru

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Meja Makan Jati Minimalis *Harga Hubungi CS
Langkah-langkah Pembuatan Lemari Jati Berkualitas

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Lemari Jati *Harga Hubungi CS
Set Meja Makan Minimalis 6K

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 6.000.000
Pre Order / RJ-ID 14
Rp 6.000.000
Pre Order / RJ-ID 14
SIDEBAR