Beranda » Artikel Terbaru » Langkah-langkah Pembuatan Lemari Jati Berkualitas

Langkah-langkah Pembuatan Lemari Jati Berkualitas

Diposting pada 24 September 2020 oleh Renal Jaya | Dilihat: 21 kali

Semua orang pasti ingin memiliki perabotan rumah tangga berkualitas, salah satunya lemari Jati. Sebab selain bahan dasarnya kuat, kualitasnya sangat menjamin. Sekali Anda membeli, akan dapat digunakan dalam jangka waktu lama hingga bertahun-tahun.

Langkah-langkah Pembuatan Lemari Jati

Dalam proses pembuatannya, lemari Jati juga harus melalui tahapan yang cukup rumit. Sehingga, diperlukan tenaga ahli yang mumpuni. Untuk tahapannya sendiri adalah sebagai berikut:

1. Rencanakan Desain Lemari

Lemari Jati Berkualitas

Dalam membuat lemari berbahan dasar kayu Jati, desain hingga ukuran lemari harus terencana dengan matang. Seperti kedalaman lemari minimal sesuai standar adalah 62,5 Cm. Biasanya pula, garis tengah dan lidah lemari masing-masing sepanjang 60 dan 2,5 Cm.

Sedangkan tinggi lemari berdasarkan standar yaitu 90 Cm, dengan ketinggian dalam lemari sebanyak 86 Cm. Untuk lebar dari badan lemari seluruhnya berkisar antara 30 hingga 150 Cm, namun disesuaikan dari kelipatan 7,5 Cm.

2. Potongan Papan Samping

Potong papan kayu lapis atau menggunakan kayu jenis lainnya untuk bagian samping, utamakan kekuatan dan ketahanannya yaitu berukuran panjang dan lebar masing-masing 86,25 dan 60 Cm.

Kemudian, Anda bisa menjepitnya menggunakan papan persegi panjang dengan variasi potongan 7,5×13,75 Cm. Bila lemari yang dibuat sebagai jenis lemari gantung atau dinding, ukuran dapat disesuaikan berdasarkan selera. Namun tetap memiliki kedalaman standar antara 30 sampai 35 Cm.

3. Potongan Kayu untuk Dasar

Kedalaman dasar lemari yang baik adalah 60 Cm, untuk lebar bisa disesuaikan dengan besar ruangan. Tetapi, saat melakukan pengukuran lebar lemari ikut sertakan ketebalan kayu pada bagian samping. Bila digunakan untuk lemari gantung, kedalamannya masih sama yaitu 30 hingga 35 Cm dan bisa dipotong sebanyak dua bagian jika membuat lemari dinding.

4. Potongan Kayu Bagian Depan dan Belakang

Untuk bagian depan dan belakang Anda bisa menggunakan balok kayu Jati berukuran 2,5 x 15 Cm. Tambahkan pula dua potongan yang panjangnya sama dengan lebar dasar lemari. Langkah ini bisa diabaikan bila ingin membuat sebuah lemari gantung. Sedangkan untuk bagian depan dan belakang harus kayu Jati, sebab guna membentuk struktur lemari yang kuat.

5. Potong Panel Atas

Anda perlu memotong kayu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan panel atas lemari. Bagian ini penting sekali dibuat untuk jenis lemari dinding. Gunanya adalah, demi mengikat bagian atas lemari dengan panel agar terkunci dan lebih kuat.

6. Potonglah Bagian Panel Depan

Untuk bagian depan, panel akan disusun menyerupai bingkai foto atau pigura. Karena ini akan menjadi bagian lemari yang paling utama terlihat. Ukuran kayunya bisa digunakan sesuai selera dan kebutuhan, asalkan cocok dan serasi bila digabungkan.

Selain itu, ukurannya juga bisa disesuaikan dengan penglihatan dan gaya yang diinginkan, biasanya menggunakan 2,5×5, atau 2,5×7,5 dan berikutnya 2,5×10 Cm.

7. Pasang Panel pada Bagian Dasar

Untuk membuat bagian ini, sejajarkan dengan bagian dasar lemari kemudian lem dengan panelnya. Hal ini dilakukan agar tampak depan bagian atas lemari sama dengan samping belakang panel. Kemudian, ujung depan juga akan sejajar dengan panel belakang.

Anda dapat menggunakan engsel dengan memasangkan baut pada bagian dasar lemari serta ke dalam panel yang terdapat di sampingnya. Namun sebelumnya, buat terlebih dahulu lubang percontohan sebelum baut terpasang, ini untuk menghindari komponen yang kurang pas.

8. Menyatukan Berbagai Sisi Dasar

Langkah ini untuk merekatkan dan memasang engsel panel samping pada dasar lemari. Kemudian untuk menyesuaikan struktur dasar posisi lekukan berdasarkan jarak yang sudah ada. Namun, pastikan dahulu bahwa semua pinggiran sudah sejajar (bisa menggunakan bantuan penjepit atau penggaris siku).

9. Rekatkan Panel

Langkah selanjutnya, rekat dan pasangkan panel pengikat belakang agar dapat duduk mendatar menyesuaikan dinding. Panel pengikat depan harus dipasang agar posisinya bisa sejajar dengan bagian yang ada di atas atau puncak. Anda juga bisa memasangnya menggunakan palu agar lebih mudah.

10. Beri Paku di Panel Belakang

Ukurlah kemudian pasang baut atau paku papan panel bagian belakang sepanjang 1,25 Cm sesuai tempatnya. Namun, jika berjenis lemari gantung maka membutuhkan panel belakang lebih tebal yaitu sekitar 1,9 Cm.

11. Kencangkan Kayu

Langkah berikutnya bisa dibilang finishing atau penyelesaian rangka-rangka kayu. Kencangkan semua material yang bertemu di ujung. Pastikan semuanya sudah rekat dan tidak akan terjatuh ketika dimasuki barang.

Cara mengetesnya dapat dipegang dan digerakkan ke atas-bawah dan kanan-kiri. Bila masih terdapat ruang senggang atau dapat digeser, maka tandanya kayu belum saling merekat.

12. Pasang Semua Rak

Ukur kemudian tandai lalu timbang setidaknya di 4 braket sudut atau dua setiap sisi lemari. Pasang rak di bagian atasnya. Ukurannya sesuaikan dengan kedalaman dan lebar lemari agar tidak terlalu besar atau kekecilan.

13. Memasang Panel Muka

Selanjutnya, susunlah panel muka satu persatu seperti membuat sebuah bingkai foto. Caranya bisa menggunakan engsel datar atau juga mempertemukan antar siku. Untuk alternatif lainnya, dapat memanfaatkan paku, tangan dan sebagainya sesuai bidang keahlian masing-masing.

14. Memasang Pintu

Langkah paling akhir dalam membuat lemari Jati yaitu melakukan pemasangan pintu. Letakkan pintu tepat pada panel depan. Selain pemasangan, jika ingin ditambahkan laci juga bisa disesuaikan selera atau rancangan. Jika kesulitan melakukan tahapan di atas, gunakanlah jasa Renal Jaya Furniture.

Jenis-jenis Ukiran pada Lemari Jati

Desain lemari Jati selain digemari dan diburu karena kekuatan serta keawetan dan bentuknya yang menarik. Banyak jenis lemari jati, seperti lemari pakaian minimalis, hingga lemari pakaian modern. Banyak orang menyukai benda ini sebab kaya akan ukiran-ukiran indah khas nusantara. Setiap desain berasal dari daerah dan makna tertentu. Seperti:

1. Ukir Toraja

Motif ini sering sekali dibuat di atas kayu. Selain karena keindahannya ukiran, juga dipercaya memiliki arti bahwa masyarakat Toraja harus mempunyai sifat dan sikap saling membantu dan peduli kepada sesama, keluarga, pekerja keras serta akan selalu menghormati leluhur dan Yang Maha Menciptakan.

Ciri khas ukiran ini berwarna dominan merah dan hitam, sebab banyak digunakan sebagai simbol Adat Toraja juga kain tradisional masyarakat.

2. Ukir Bali

Ukiran selanjutnya ini pasti sudah familiar, sebab ini merupakan salah satu motif yang mendunia hingga mancanegara. Ciri khas karya ukiran Bali ini menggunakan warna dasar kayu atau coklat dan hitam. Hampir semua ukiran ini diaplikasikan untuk Kayu Jati. Selain itu, juga memiliki arti penggambaran dewa atau dewi yang berasal dari dua agama yaitu Hindu dan Budha.

3. Ukir Surakarta

Ciri khas ukiran Surakarta adalah kelembutan dan keharmonisan yang timbul. Di sisi lain, juga menggambarkan hal-hal yang bersifat alam atau berasal dari alam, seperti daun pakis dan sebagainya. Bahkan, sudah familiar karena identik selalu digambarkan di atas Kayu Jati. Untuk hasilnya, kebanyakan dijadikan media layaknya kursi, meja, pintu lemari dan juga pintu rumah.

Bila Anda salah satu penggemar lemari Jati, bisa mengunjungi toko yang jual furniture Jepara Renal Jaya, merupakan laman tepat penyedia yang sesuai standar baik langkah-langkah maupun kualitas bahan. Mengenai ukiran, apapun permintaan konsumen akan dilayani dengan maksimal.

 

Bagikan informasi tentang Langkah-langkah Pembuatan Lemari Jati Berkualitas kepada teman atau kerabat Anda.

Langkah-langkah Pembuatan Lemari Jati Berkualitas | Renal Jaya

Belum ada komentar untuk Langkah-langkah Pembuatan Lemari Jati Berkualitas

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Set Meja Makan Minimalis Jati

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 6.000.000
Pre Order / RJ-ID 24
Rp 6.000.000
Pre Order / RJ-ID 24
Perindah Dekorasi Pernikahanmu dengan Kursi Pelaminan Rustic

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kursi Pelaminan Rustic *Harga Hubungi CS
Lengkap – 12 Jenis Kursi Pelaminan Sederhana

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kursi Pelaminan Sederhana *Harga Hubungi CS
SIDEBAR