Beranda » Artikel Terbaru » Langkah Membuat desain Gambar Mebel Jati untuk Ruangan

Langkah Membuat desain Gambar Mebel Jati untuk Ruangan

Diposting pada 14 Agustus 2020 oleh Renal Jaya | Dilihat: 32 kali

Membuat sebuah desain produk, tentu bukan perkara mudah. Perlu adanya perencanaan yang matang oleh pihak desainer guna menyelaraskan antara kebutuhan pasar dan seni. Begitupun dengan gambar mebel Jati, harus dengan perencanaan yang matang. Salah satu pihak paling ahli dalam bidang ini yaitu, Renal Jaya Furniture.

Proses Desain Gambar Mebel Jati

Proses membuat desain ini dilakukan untuk mencapai kesempurnaan model, agar tidak terjadi kesalahan. Namun, langkahnya pun harus dilakukan berurutan untuk mengefisienkan waktu dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Di bawah ini adalah penjelasan lengkap tentang langkah perancangan proses gambar mebel Jati. Yaitu:

1. Konseptualisasi

Langkah pertama dari proses desain yaitu, mencari inspirasi untuk menentukan konsep furnitur. Hal ini bisa dimulai dengan eksplore ide-ide yang sudah ada di pasaran via online atau offline. Namun, pertimbangkan juga keinginan pasar dan tentukan pula target pencapaian Anda.

Menjelajahi inspirasi tidak hanya dengan melihat ide-ide yang sudah ada, bahkan bisa melakukan eksplore meluas ke alam (misalnya batu-batuan, bunga, buah, air sungai dan daun) dan kehidupan sehari-hari (seperti jam dinding, panci dan buku).

2. Research

Desain mebel harus memiliki sisi rasional dan fungsional. Maka dari itu, pencarian ide bukan hanya sebatas bentuk. Namun bagaimana produk tersebut dapat digunakan sesuai manfaatnya. Hal ini dapat menciptakan model yang sempurna.

Selain itu, Anda juga harus bersiap menghadapi masalah-masalah yang timbul di depan, dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang kira-kira akan muncul. Setelah itu, rangkumlah semuanya dalam sebuah catatan, sehingga dapat dituangkan dalam visual desain gambar.

3. Melakukan Inovasi

Dalam perancangan gambar ini, yang harus Anda tonjolkan bukan hanya produk baru dan lain daripada desain kebanyakan. Namun, juga harus dipikirkan bagaimana cara memproduksi mebel dengan mengangkat nuansa nyaman dan tenang untuk penggunanya.

Saat proses perencanaan, terkadang muncul beberapa permasalahan. Maka, dengan menambahkan inovasi akan muncul cara penyelesaian terbaiknya. Sehingga, mebel yang dibuat nanti akan jadi sempurna dan lebih berguna.

4. Pengembangan Desain

Meja Makan Klasik Mewah

Proses pengembangan desain pada gambar, merupakan suatu aktivitas untuk memecahkan masalah bentuk, fungsi, analisa kembali dan menyempurnakan model sesuai konsep awal. Sehingga, dapat mempersiapkan semuanya dengan matang agar mendapat hasil sempurna.

Saat menentukan warna, bahan baku, dimensi dan fungsi detail mebel yang dibuat, harus dicatat sebagai acuan ke depan bagi desainer untuk menciptakan mebel dengan penampilan estetik nan modern.

5. Membuat Sketsa

Pembuatan sketsa gambar dapat menggunakan pensil khusus ukuran 0,1 sampai 0,8. Kertas yang digunakan adalah jenis “kalkir” (kertas tembus pandang buat gambar kerja). Pada umumnya, memakai skala 1:5 atau 1:10. Terlebih untuk gambar detail furnitur 1:1 atau 1:2.

Selain itu, juga bisa memakai komputer untuk membuat blueprint yang lebih detail. Karena, saat ini banyak aplikasi (software) bisa Anda download secara online. Seperti skectup, PRO100 Furniture Design, Solidworks dan masih banyak lagi.

Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Perancangan Desain Mebel

Desainer menjadikan perancangan desain ini sebagai acuan untuk mewujudkan ide-ide kreatifnya. Setiap langkah dalam proses tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain, karena semua saling berhubungan erat. Namun, jika masih pemula harus memperhatikan beberapa poin di bawah ini:

1. Tidak Melakukan Tahapan Proses Desain Gambar Mebel dengan Benar

Membuat gambar furnitur yang tidak sesuai langkah-langkah proses perancangan, menghasilkan bentuk tidak sesuai dengan konsep awal, karena adanya beberapa tahapan terlewatkan. Hal ini menyebabkan waktu banyak terbuang dan biaya akan bertambah.

Kesalahan ini juga sering disebabkan karena menganggap barang yang diletakkan di ruangan kosong tanpa ukuran, tidak memperhitungkan kebutuhan pengguna dan kondisi interior rumah. Sehingga hasil rancangan akan mengecewakan.

2. Hanya Berpatok pada Gambar

Gambar adalah acuan untuk membuat desain yang sudah direncanakan. Namun, desainer juga harus mengetahui ukuran tepat untuk interior rumah. Agar saat sudah jadi, mebel tidak kekecilan atau kebesaran bentuk dan ukurannya.

Terkadang, gambar desain memang sudah mewakili semua konsep, tetapi analisa yang tepat untuk mengurangi kesalahan juga harus terus dilakukan. Agar semua berjalan sesuai rencana dan tidak menimbulkan kekecewaan pada akhirnya.

3. Mengabaikan Ruang Gerak Pengguna

Sebelum membuat mebel, Anda juga harus memperhitungkan dengan luas ruangan tempat meletakkan furniture jika sudah jadi nantinya. Ini dilakukan untuk menghindari kesesakan yang mungkin muncul nantinya akibat salah perhitungan.

Dalam hal ini, ruang gerak dalam ruangan rumah juga harus diperhitungkan, namun perhatikan juga sirkulasi ruangan. Karena seseorang butuh keleluasaan beraktivitas, melakukan  kegiatan sehari-hari dan udara yang sehat.

4. Tidak Memperhitungkan Ukuran Gerak Tubuh

Jika tidak memperhitungkan ukuran gerak tubuh penghuninya, maka mebel yang dibuat akan terasa kurang nyaman. Bisa saja, furnitur kurang bermanfaat untuk digunakan. Intinya, desain produk harus sesuai dengan dimensi anggota badan pemilik.

Hal ini seharusnya tidak boleh terlewatkan, karena desain mebel akan percuma dibuat dan fungsinya juga bisa berubah. Untuk pengukuran hanya ada dua jenis, dimensi struktur dan fungsional tubuh. Jika sudah lolos pengujian tersebut, pasti akan mendapatkan hasil sempurna.

Beberapa Cara Meminimalisir Kesalahan

Bingung model furnitur mana yang cocok untuk interior rumah Anda? Cukup banyak penawaran mebel desain dengan bermacam-macam bahan baku. Jenis Jati bisa jadi pilihan, karena kekuatan dan ketahanannya. Namun, bagaimana cara meminimalisir kesalahan saat perancangan gambar?

1. Membuat Daftar Keperluan Desainer

Desainer harus memiliki catatan sendiri untuk membantu dalam memecahkan masalah yang terjadi di kemudian hari. Untuk menciptakan kesempurnaan, banyak hal harus diperhatikan agar semua sesuai dengan konsep awal.

Contohnya, pencatatan data-data dengan benar, seperti lebar, tinggi dan panjang furnitur juga dibandingkan dengan ruang, agar semua fungsi dapat dinikmati oleh penggunanya. Namun, penyesuaian ini juga memerlukan data yang detail.

2. Menggunakan Referensi Secara Visual

Terkadang, desainer mengalami ketegangan hingga tidak dapat menemukan ide sama sekali. Namun, bisa menggunakan referensi visual sebagai sumber inspirasi, baik online atau offline. Caranya, carilah sebanyak-banyaknya contoh gambar dari manapun.

Hal ini dapat meminimalkan kesalahan karena Anda sudah mendapatkan banyak referensi, sehingga bisa membuat desain terbaik dan sesuai dengan yang pemesan inginkan. Selain itu, akan menambah wawasan dalam menentukan model selanjutnya.

3. Meninjau Ulang Pilihan

Tinjau ulang kembali pilihan Anda, sehingga bisa menghindari kesalahan. Namun, tidak ada salahnya memeriksa apakah gambar desain sudah sesuai dengan konsep awal, kenyamanan, dekorasi yang diinginkan pemesan. Langkah ini dilakukan agar tidak kata “kerja dua kali”.

Peninjauan ulang yang dilakukan desainer untuk memperkecil kesalahan ini, bahkan dapat menciptakan desain baru.

4. Melihat Kembali Sketsa yang Sudah Jadi

Pahami kembali sketsa kemudian koreksi ulang, mulai dari sisi kanan, kiri, atas dan bawah. Hal ini dapat membantu menampakkan kekurangan yang tidak terlihat saat awal perancangan. Kesalahan mungkin saja muncul belakangan, sehingga di awal harus sudah Anda pikirkan pemecahannya.

Demikianlah penjelasan tentang desain gambar mebel Jati, semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat desain sendiri untuk furnitur interior rumah. Jika menginginkan banyak referensi, bisa langsung menghubungi toko yang jual furniture Jepara salah satunya Renal Jaya Furniture.

Bagikan informasi tentang Langkah Membuat desain Gambar Mebel Jati untuk Ruangan kepada teman atau kerabat Anda.

Langkah Membuat desain Gambar Mebel Jati untuk Ruangan | Renal Jaya

Belum ada komentar untuk Langkah Membuat desain Gambar Mebel Jati untuk Ruangan

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Jenis-jenis Kursi Kayu Mewah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Meja TV Retro Minimalis

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 2.950.000
Pre Order / RJ-ID 27
Rp 2.950.000
Pre Order / RJ-ID 27
Tempat Tidur Retro Minimalis

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

tempat tidur retro minimalis Rp 5.550.000
Pre Order / RJ-ID 04
Rp 5.550.000
Pre Order / RJ-ID 04
SIDEBAR