Percantik Rumah dengan Furniture di Tempat Tidur Ukir Jepara dari Renal Jaya

Percantik Rumah dengan Furniture di Tempat Tidur Ukir Jepara dari Renal Jaya

Rumah merupakan tempat beristirahat setelah berlelah melakukan aktivitas di luar. Salah satu ruangan favorit tentu saja kamar tidur untuk melepas penat dan lelah. Oleh karena itu, sebisa mungkin tata ruang serta furnitur juga dibuat senyaman mungkin. Seperti menggunakan tempat tidur ukir dari Jepara.

Mengenal Ukiran Jepara

Jepara merupakan salah satu kota yang terkenal dengan kerajinan ukiran pada kayu. Pengaplikasiannya dapat ditemukan di berbagai furnitur kayu seperti lemari, tempat tidur, meja dan kursi tamu, bahkan pada pintu utama. Dapatkan semua itu di www.renaljaya.com.

Sejarah ukiran Jepara dimulai sejak abad ke 19 yang terus dilestarikan hingga saat ini. Pelestarian budaya ini dilakukan melalui pelatihan di sekolah dalam bentuk formal seperti Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan nonformal seperti Balai Pelatihan Perkayuan.

Jepara sejak dulu dikenal sebagai kota penghasil pengrajin ukiran yang bahkan telah mendunia karena telah berhasil menembus pasar internasional. Hal ini dimulai sejak zaman RA. Kartini yang mempromosikan kerajinan ukir sebagai cinderamata kepada orang-orang luar negeri.

Bahkan hingga saat ini permintaan dari luar negeri juga terus mengalir. Hal ini terbukti dengan banyaknya penjualan tempat tidur ukir yang menggunakan desain ala Eropa atau Amerika. Model dan bentuknya mengusung tema kebaratan namun tetap ditonjolkan ukiran asli dari Jepara.

Apa Ciri Khas Ukiran Jepara ini?

Hasill ukiran dari kota Jepara memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikannya unik dan bernilai jual tinggi. Terdapat tiga motif yang menjadi andalan, pertama yaitu daun trubusan dengan dua macam bentuk yaitu yang keluar dari tangkai relung dan dari cabang atau ruasnya.

Kedua, selain daun trubusan juga ada motif jumbai. Berbentuk daun terbuka seperti kipas dengan ujung runcing serta dilengkapi oleh tiga atau empat biji yang diukir dari pangkal daun. Ketiga, tangkai relung berbentuk panjang memutar serta menjalar sehingga membentuk cabang-cabang kecil.

Ciri khas tersebut bahkan dipertahankan meski permintaan datang dari luar negeri. Biasanya, pengrajin mengekspor tempat tidur ukir dengan berbagai tema ala Barat. Penampilannya pun tetap terlihat mewah ditambah dengan adanya ukiran asli Jepara berpadu warna klasik seperti putih, hitam, coklat dan biru.

Untuk peminat dalam negeri pun ukiran Jepara tetal menjadi nomor satu dalam pembuatan mebel atau furnitur seperti tempat tidur ukir. Selain menawarkan kesan mewah, ukiran tersebut juga menambah nilai keindahan dalam dekorasi ruangan.

Corak Ukiran Jepara pada Furnitur

Sejak zaman RA Kartini, seni ukiran dan pahatan semakin meluas tidak hanya pada bentuk patung atau hiasan saja. Masyarakat mulai mengaplikasikannya pada bentuk mebel dan furnitur. Hingga saat ini, kota tersebut terkenal dengan berbagai jenis kerajinan ukiran.

Melihat pangsa pasar mebel dan furnitur yang tinggi, pengrajin pun semakin kreatif dalam mengkreasikannya dengan kebutuhan konsumen. Saat ini ukiran Jepara telah dikombinasikan dengan gaya modern, shabby chic, Jawa tradisional, klasik dan masih banyak lagi.

Para pengrajin menggunakan kayu kualitas terbaik agar mebel dan furnitur tahan lama serta bebas serangan rayap. Sehingga, ukiran dapat diaplikasikan menjadi meja kursi makan dan ruang tamu, tempat tidur ukir, tempat duduk pelaminan, lemari bahkan pada pintu.

Pada tempat tidur, ukiran dibuat lebih besar serta detail karena memanfaatkan ukurannya yang besar serta lebar pula. Terlebih jika konsumen meminta dibuatkan model mewah maka ukirannya pun disesuaikan dengan tema yaitu menonjol di beberapa tempat seperti di bagian atas tempat tidur.

Mengenal Tempat Tidur Ukir Jepara yang Legendaris

Salah satu furnitur yang paling diminati adalah tempat tidur yang jika dipadukan dengan ukiran menjadi terlihat mewah serta kokoh. Terlebih lagi saat ini dapat dipadukan dengan berbagai tema sesuai keinginan konsumen dan perkembangan zaman.

Untuk kesan tempat tidur yang mewah dan berkelas, banyak konsumen memilih untuk membeli furnitur tersebut langsung dari Jepara. Selain terkenal dengan ukirannya, juga menggunakan jenis kayu terbaik sehingga lebih awet dan kokoh.

Penggunaan kayu yang berkualitas menjadi salah satu kunci akan umur dari tempat tidur ukir kayu. Hal ini karena, bahan tersebut rentan mengalami kerusakan seperti termakan rayap ataupun patah yang menyebabkan roboh. Oleh sebab itu pemilihan bahan dasar ukiran sangat penting.

Setelah itu, pemilihan model tempat tidur pun juga harus sesuai. Jika temanya adalah tempat tidur ukir mewah, maka pengrajin akan membuat ukiran berukuran besar serta lebih detail agar mendapatkan kesan tersebut dengan menggunakan ukuran kayu yang lebih besar serta lebar.

Jika konsumen menginginkan tempat tidur ukir model minimalis, maka pihak pengrajin pun membuat bentuk tempat tidur ukir biasa namun aksen ukiran dibuat biasa dengan sedikit tonjolan di bagian atas dan bawah. Sehingga ukuran kayu yang digunakan pun akan menyesuaikan.

Model Tempat Tidur Ukir Jepara

Model yang terkenal adalah tempat tidur minimalis. Meski begitu, dengan sentuhan ukiran Jepara menjadikannya terlihat megah. Selain itu, terdapat pula bentuk klasik yang dapat dipadukan dengan warna putih dan emas pada ukirannya.

Model yang lebih mewah biasanya menggunakan kombinasi warna coklat tua atau berwarna seperti kayu asli dengan dipercantik oleh furnis. Selain itu, semakin besar ukuran tempat tidur juga menambah kesan megah dan klasik dari tampilan ukiran.

Selain itu, juga terkenal dengan model shabby chic, dimana ukiran Jepara dikombinasikan dengan warna putih tulang serta ornamen bunga-bunga lebih ditonjolkan. Biasanya akan lebih berkesan jika ditambah dengan tirai atau kanopi.

Detail Tempat Tidur Ukir Jepara

tempat tidur mewah ukir jepara

Selain bentuknya yang digolongkan menjadi mewah dan minimalis, rupa ukiran juga dapat dibedakan menjadi simpel yaitu dengan sedikit ornamen dan tidak terlalu detail. Sedangkan satunya berupa ukiran penuh dengan detail serta menonjol pada beberapa bagian.

  • Ukuran Tempat Tidur

Biasanya, tempat tidur ukir Jepara dibuat dalam ukuran besar yaitu 200×200 atau seukuran king size bed. Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk membuat ukuran yang lebih kecil. Ukiran pun akan disesuaikan dengan bentuk.

  • Ukiran Bagian Atas

Ukiran pada tempat tidur biasanya diletakkan di bagian atas yang merupakan inti dari bentuk ukir, karena mendapat tempat paling luas serta lebar. Terlebih juga sebagai pandangan pertama akan bentuk dari ukiran yang tidak luput pula di sisi bawah juga kanan dan kiri.

  • Ukiran Bagian Bawah

Di bagian bawah serta sisi kanan dan kiri biasanya dibuat lebih simpel karena tidak begitu terlihat. Namun pengerjaannya pun tidak disepelekan. Semua proses pengukiran dikerjakan secara manual sehingga menghasilkan ukiran yang maksimal.

Dimana Membeli Tempat Tidur Ukir Jepara?

Jika Anda berminat untuk membeli tempat tidur ukir asli Jepara, dapat menghubungi Kami yang merupakan pengrajin mebel dan furnitur asli kota tersebut. Silakan hubungi melalui pesan WhatsApp atau telepon untuk info pemesanan dan hal lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai tempat tidur ukir serta sejarah mengenai ukiran Jepara. Untuk pemesanan furnitur dengan ukiran asli pengrajin kota Jepara bisa menghubungi Renal Jaya Furniture. Untuk info lebih lanjut bisa berkonsultasi melalui Admin yang sedang bertugas.

Open chat