Jenis-jenis Kursi Kayu Mewah

Jenis-jenis Kursi Kayu Mewah

Tempat duduk merupakan elemen penting dan hampir selalu ada dalam suatu ruang, bahkan mempunyai jenis beragam dengan desain masing-masing. Salah satunya yakni model kursi kayu mewah yang banyak dipilih, karena akan menambah nilai estetika dari tempat itu sendiri.

Jenis-jenis Kursi Kayu Mewah

Kursi Kayu Mewah Classic

Secara garis besar kursi dibagi kedalam dua jenis berdasarkan peruntukannya, yaitu tunggal dan banyak. Jika dilihat dari kegunaan untuk duduk sendiri, bisa bersampingan atau satu orang lebih. Meski begitu, banyak yang mengkombinasikan keduanya dalam suatu ruangan. Untuk jenisnya, sebagai berikut:

1. Arm Chair

Arm Chair memiliki ciri sandaran punggung di belakang dan tempat, untuk tangan di samping kanan kiri kursi. Jenis ini sangat umum dijumpai hampir di segala area. Karena memang cocok diposisikan dimana saja, bisa untuk kerja, tentu pilih yang minimalis dengan warna netral.

Selain itu, juga dipakai untuk kursi tamu karena lebih enak digunakan saat mengobrol. Fungsi awalnya memang dirancang untuk santai, terlebih tempat tangan yang ada membuat dudukan lebih nyaman. Namun, desain mewah ini diidealkan buat satu orang saja.

Karena memiliki fungsionalitas dari banyak desainer furnitur, membuat jenis ini terdapat berbagai bentuk yang berbeda sesuai dengan spesifikasi kegunaan dan juga karakter pembeli. Untuk variasi ukuran dan penambahan terhadap desain dasar Arm Chair, bisa dicustom sesuai selera masing-masing.

2. Side Chair

Jenis Side Chair merupakan salah satu dari variasi kursi tunggal dan hampir sama dengan tipe Arm. Dengan perbedaan mendasar di bagian samping, apabila satunya memiliki sandaran tangan, namun hal tersebut tidak ada divariasi ini, yang hanya terdapat tempat untuk punggung saja.

Seperti Arm Chair, side juga dapat digunakan di beragam tempat dan aktivitas. Dengan bentuk minimalis sederhana, kebanyakan desainer membuatnya dalam bobot yang ringan untuk memudahkan pemilik saat memindahkannya.

Dengan Fleksibilitas yang dimiliki, kursi ini dapat diletakkan dimanapun seperti teras rumah, dapur dan ruang makan, kebanyakan Side Chair juga mengadopsi bentuk side, karena nyaman saat diduduki serta ringan sehingga mudah untuk menggesernya ke kolong meja.

3. Wing Chair

Salah satu kembangan variasi kursi tunggal adalah Wing Chair, desainnya mengembangkan dari bentuk dasar Arm, dengan ditambah sayap yang sedikit melingkar di kedua sisi dan biasanya memiliki ukuran sandaran punggung tinggi sampai kepala.

Kursi jenis ini merupakan salah satu yang memiliki gaya klasik. Wing Chair banyak dijumpai di negara barat, dengan penambahan bantalan, biasanya mereka meletakkannya di depan atau sekitar area perapian, karena memang sangat nyaman untuk beristirahat sambil menghangatkan diri.

Di Indonesia sendiri, Wing Chair juga banyak digunakan, namun berbeda dengan mereka yang tinggal negara barat dengan suhu dingin. Orang-orang dalam negeri biasa menggunakannya sebagai kursi tamu mewah. Karena pada dasarnya nyaman untuk digunakan saat ngobrol.

4. Kursi Sudut Mewah

Kursi Sudut Mewah

Kursi ini juga merupakan variasi tipe mewah. Hal yang membedakan dengan jenis lain pada umumnya yaitu dari segi bentuk, seperti huruf L. Biasanya digunakan dalam suatu ruangan tentu memiliki sudut untuk diletakkan di pojok ruangan.

Sebenarnya, untuk peletakannya tergantung dari penataan dan ukuran ruangan. Namun, sebagian besar banyak yang meletakkannya di ruang keluarga, karena memang biasanya memiliki varian dengan ekstra atau extension seat, sehingga dapat diduduki oleh lima orang juga lebih banyak.

Namun, sebenarnya tidak terbatas diletakkan di pojok ruang tamu saja, biasanya juga ditaruh di tengah dengan maksud agar sudut kursi ini berfungsi sebagai pembatas atau garis imajiner. Untuk membagi ruangan dengan tempat lainnya (misalnya ruang santai).

Jenis- Jenis Kayu yang digunakan

Untuk membuat kursi kayu mewah butuh bahan berkualitas seperti yang dipakai oleh Renal Jaya Furniture. Nah, material yang biasa digunakan dalam pembuatan kebanyakan berasal dari Indonesia sendiri. Setiap jenis memiliki karakter unik, dengan keunggulan masing-masing. Berikut daftarnya:

1. Kayu Jati

Kayu Jati merupakan salah satu bahan dengan kualitas terbaik dibanding lainnya dan banyak diburu, karena berkarakter awet dan keras. Hal tersebut dikarenakan galihnya memiliki kandungan minyak yang membuatnya selalu tampak berkilau.

Kelebihan berikutnya dari kayu Jati adalah, tahan dari jamur saat kondisi lembab saat furnitur terkena air secara langsung. Selain itu, juga anti rayap termasuk serangga lainnya. Secara segi corak juga menarik dan biasanya berwarna cokelat kemerahan, kadang berubah menjadi lebih muda.

Kayu Jati memiliki harga yang mahal di antara jenis lainnya, namun karena memiliki kualitas sangat bagus banyak pecinta furnitur mencarinya. Bahkan setelah menjadi kursi atau barang, perawatnya mudah serta tidak ribet.

2. Kayu Mahoni

Kayu Mahoni merupakan jenis lain yang biasa digunakan dalam pembuatan furnitur seperti kursi mewah ini. Sering juga disebut memiliki kualitas di bawah Jati. Namun, cukup banyak pengrajin dan pembuat mebel menggunakannya karena selain punya serat indah, juga dengan harga lebih terjangkau.

Corak yang dihasilkan berwarna merah muda sampai dengan tua. Tekstur dari kayu Mahoni sendiri terbilang halus meskipun tak semantap Jati. Jenis ini banyak dipilih para pengrajin karena selain harga murah, juga saat telah menjadi barang memiliki nilai jual tinggi.

Untuk mendapatkan kayu Mahoni mudah terutama di daerah Jawa, karena banyak dijadikan tanaman peneduh di pinggiran jalan. Selain itu, Mahoni juga tumbuh liar di sekitar pohon Jati, apalagi di daerah dengan pasir payau pantai.

3. Kayu Akasia

Kayu Akasia juga merupakan bahan yang sering digunakan pada pembuatan kursi, karena memiliki karakter hampir mirip dengan Jati, yaitu keras dan tahan dari serangga. Namun memiliki kelemahan tidak bisa bertahan dalam kondisi lembab.

Serat kayu yang dimiliki Akasia kasar dan tidak searah. Hal ini sedikit menyulitkan para pengrajin dan pekerja mebel, ditambah yang masih menggunakan metode penyerutan manual. Sehingga, arah dari potongan harus dibolak balik agar menghasilkan corak indah.

Bobot kekerasan kayu Akasia lebih berat dari Jati, hal ini tentu menjadi kendala bagi para pengrajin yang menginginkan produk furnitur dengan ukiran di atasnya. Dengan begitu, butuh mata pahat dengan kualitas tinggi untuk dapat mengikis sirabnya.

4. Kayu Sengon

Kayu berikutnya adalah Jenis Sengon, ini biasa dipakai oleh pengrajin karena mudah didapatkan dan memiliki kualitas yang bagus dengan harga relatif murah. Namun, terdapat kelemahan saat masih basah berbau kurang enak, tapi biasanya saat kering sudah tidak tercium.

Sengon biasa disebut Albasia di beberapa daerah. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi bahkan sampai 15 meter. Banyak pengrajin furnitur memburunya karena berkarakter lurus dan bebas dari cabang yang biasanya mengganggu.

Sengon dikenal awet dengan bobot yang ringan, selain itu kayunya juga lunak dan mudah dibentuk kedalam berbagai kebutuhan. Kulitnya halus dan licin, sehingga batang tidak banyak terbuang serta dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Jual Firniture Jepara adalah solusi tepat untuk menpatkan kursi kayu mewah,  Anda juga bisa berkunjung ke Renal Jaya Furniture. Produk yang dihasilkan banyak diminati, baik kalangan lokal atau bahkan internasional dan para pengrajinnya pun telah diakui profesionalitasnya.

Open chat